Monday, May 23, 2011

Memperbaiki Remot Control Televisi dan DVD

     
Rasanya amat menjengkelkan ketika anda ingin memindahkan chanel TV atau memindahkan lagu tapi remot yang kita gunakan sama sekali tidak berfungsi. Mau tidak mau alias terpaksa harus menghampiri televisi atau DVD yang jauh dari jangkauan anda. Lebih menyebalkan lagi ternyata tombol yang anda tekan ternyata fungsinya nyasar. Mau ganti chanel malah suara yang membesar, alih-alih TV jadi mati karena tombol nyasar ke fungsi Power. Televisi buatan china biasanya begitu.

     
Mau diperbaiki, tukang servicenya jauh, akhirnya beli yang baru. Penjualnya bilang bisa digunakan untuk semua merek televisi, memang benar tapi setelah beberapa lama setingannya berubah sendiri, otomatis remot tidak dapat digunakan. 
     
Sebenarnya remot control itu bisa diperbaiki atau tidak sih? Ada kemungkinan bisa.
     
Cek terlebih dahulu remot anda, apakah benar-benar remotnya yang rusak atau televisi atau DVD nya. Bagaimana caranya? Nyalakan penerima radio pada posisi penerima AM, dekatkan lampu remot anda kedekat antena radio, bila perlu tempelkan. Dengarkan apakah ada suara ketukan ketika anda tekan tombol diremot, jika tidak, putar tuning radio. Jika tidak juga terdengar suara ketukan (tut... tut..) berarti remot anda memang benar mati atau rusak.
     
Sekarang mari kita cari kerusakannya.

  1. Cek bagian tempat batrai, lihat dengan seksama apakah kawat tumpuan batrai berkarat. Jika ya, bersihkan dengan amplas. Kemudian pasang kembali batrai dan tes remotnya. jika masih belum berfungsi berarti masih ada kerusakan lain.
  2. Buka remot dengan cara mencungkil sekelling tepi remot dengan obeng pipih atau min, jika tidak ada dapat menggunakan ujung pisau tapi lakukan dengan hati-hati! Setelah terbuka perhatikan jalur-jalur hitam yang ada pada papan PCB apakah masih baik atau terkelupas. Jika terkelupas remot sulit diperbaiki. Jika terlihat kotor atau berjamur bersihkan dengan Thiner atau pembersih yang banyak dijual. Caranya: Berikan sedikit cairan lalu gosok dengan kain dengan perlahan, jangan terlalu kuat. Setelah selesai pasang kembali remot dan tes. Jika belum berfungsi juga, masih ada satu langkah lagi.
  3. Ganti cristal, komponen yang berwarna kuning berbentuk kotak berkaki dua atau ada yang berwarna biru, tidak berbentuk kotak tapi agak bulat. Ganti dengan seri yang sama ( yang tertera pada komponen). Ganti juga lampu infra merah, lampu yang berada diujung remot. Kerusakan sering terjadi pada komponen ini.
     
 Jika ketiga langkah tersebut sudah dikerjakan tapi remot belum juga berfungsi, kerusakan dapat dipastikan terjadi pada chip atau IC. Pada tahap ini remot sulit agak sulit diperbaiki walau kemungkinan masih ada dengan cara mengganti IC nya.

      
Demikian sedikit tip yang dapat saya berikan semoga berguna.