Monday, April 30, 2012

Jika Komputer Mendadak Hang.

Komputer bukan lagi barang baru, perangkat ini sudah dimiliki setiap orang dari kota sampai desa. Sayangnya walau begitu, tidak semua orang bisa mengoperasikan komputer dengan baik, kebanyakan mereka hanya untuk iseng dan pajangan dirumah saja. Bahkan di Warnet pun hanya sekedar main game online.

Tidak heran banyak orang yang kesulitan saat komputernya bermasalah. Contohnya jika komputer yang sedang digunakan tiba-tiba Hang!
Padahal Langkah yang salah bisa berakibat patal. Sebaiknya ambil langkah ini jika terjadi Hang!

  • Jangan langsung menekan tombol reset. Coba non-aktifkan komputer dengan menekan tombol shutdown. Jika tidak berhasil, coba tekan tombol Ctrl+Alt+Del. Tombol reste adalah pilihan terakhir karena bisa mengakibatkan rusaknya file yang sebenarnya masih di buka oleh komputer. Anda bisa saja kehilangan data penting.
Ada sebuah tips tambahan yang mungkin sering di abaikan oleh pengguna komputer yang kurang sabar menunggu saat mencabut perangkat USB. Terburu-buru bisa membuat perangkat USB anda rusak.

  • Non-aktifkan perangkat usb anda dengan klik "safety remove hardware" pada Windows atau "eject flash disk" pada Macintosh. Kalau sudah aman barulah cabut perangkat USB anda.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan untuk anda yang sudah tahu anggap saja ini sebagai pengingat. Untuk anda yang bellum tahu semoga berguna dan akan menjadi pengguna komputer yang baik.