Saturday, December 19, 2015

V912 part untuk modifikasi DH 9080 Helicopter

jika anda mempunyai rc helicopter tua yang sudah tidak bisa terbang, jangan hanya di simpan saja. Anda bisa memperbaikinya atau memodifikasinya menjadi lebih baik. Bagaimana? Beli sukucadang heli anda dari toko online. Jika suku cadang helicopter anda sudah tidak tersedia lagi maka anda harus mencari sukucadang heli merk lain yang ukurannya sama dengan helicopter anda. Karena banyak sekali helicopter yang berbeda merk itu menggunakan sukucadang yang sama. Jika anda mau, anda juga bisa membuatnya sendiri.

Seperti yang saya lakukan ini, saya mempunya RC helicopter tua merk doublehorse. Suku cadang helicopter ini sudah tidak tersedia di pasar. JAdi saya harus memodifikasi supaya bisa terbang lagi. Ini helicopter dua kanal, dengan blade ganda. Saya mengubahnya menjadi helicopter 4 kanal dengan blade tunggal, supaya lebih bagus dan menarik. Helicopter blade tunggal lebih cocok diterbangkan di tempat terbuka. Suku cadang yang diperlukan adalah pemancar dan penerima 2.4G untuk helicopter WL toy 912 4 kanal, Rotor set V912, Mainblade v913, swashplate V912, Dua buah servo, tail set untuk V912.

                                                      ini helicopter sebelum di modifikasi.

Pertama, lepaskan main blade bagian atas, kemudian lepas main gear dan inershaftnya. Setelah itu pasang swashplate dan buat penahannya. Pasang rotor set
 dan jangan pasang main blade. Untuk memasang servo mungkin lebih sulit karena harus mencari letak yang tepat dan membuat dudukan untuk servo. Saya membuat dudukan servo dari bahan pipa PVC, karena bahan ini mudah dibentuk. Setelah bagian depan sudah selesai maka sekarang pasanglah tail set, tentunya setelah tail set yang lama dilepas.

Kedua, pasang receiver pada bagian depan helicopter. Hubungkan semua motor pada tempat yang sudah tersedia di papan pcb. Karena pcb ini tidak disediakan konektor untuk batrai maka anda harus memasangnya sendiri, kabel untuk batrai bisa diambil dari papan pcb lama. Setelah konektor batrai terpasang maka anda sudah bisa mencoba, apakah semua bagian bekerja dengan benar. Jika semua bagian bekerja dengan benar dan sesuai maka main blade bisa dipasang dan di uji terbang.

                                                         ini helikopter setelah dimodifikasi.

No comments: