Sunday, June 5, 2011

Troubleshooting Harddisk

Jika harddisk anda tidak bekerja dengan baik, tips berikut mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah.


Harddisk SATA

  1. Apakah harddisk berputar? Drive yang berputar akan berdengung dan berbunyi klik. Jika tidak berputar, cek konektor power dan kabel interface apakah terpasang dengan benar.
  2. Apakah hardisk dikenali oleh komputer? Periksa apakah harddisk sudah di-enable di CMOS sistem atau program setup. Jika belum, pilih option auto detect dan jalankan. Jika harddisk anda bermasalah atau rusak, maka mungkin tidak akan dikenali oleh sisitem.
  3. Apakah komputer hang pada waktu starup? Periksa apakah sisitem anda mendukung serial harddisk yang anda pasang.

Harddisk IDE

  1. Apakah harddisk berputar? Jika tidak, cek konektor power dan kabel interface apakah terpasang dengan baik.
  2. Apakah harddisk dikenali oleh komputer? Jika tidak, periksa apakah harddisk sudah di -enabel di BIOS. Jika belum, pilih option auto-detect.
  3. Apakah kapasitas maksimum harddisk terlihat? Pastikan BIOS melakukan auto-detect dan LBA mode di-enabel. 
Jika menggunakan IDE ATA / ATAPI, ada konfigurasi yang bisa anda cek untuk memastikan bahwa anda mendapat performa yang terbaik dari harddisk. Dari Control Panel buka system properties, pilih tab Hardware dan klik Device Manager.  Dari dafar Hardware cari IDE ATA/ATAPI controler dan klik untuk mengekspansi tree. Klik kanan Primary IDE Channel dan pilih properties. Klik tab Advanced Settings dan dibawah Device 0 dan Device 1 pastikan Tranfer Mode diset ke 'DMA if available'. Selanjutnya klik OK. Lakukan langkah yang sama untuk secondary IDE Channel dan pastikan juga diset ke DMA.