Friday, May 4, 2012

Pembangkit Listrik Tenaga Ombak

Ombak. Siapa yang tidak tahu ombak. Gulungan air laut yang kuat menyerbu kepantai. Selain berguna untuk selancar dan keindahannya ternyata ombak juga bisa dijadikan sumber tenaga listrik dan pembangkit ini sudah pasti ramah lingkungan. Australia, Denmark, Skotlandia, Inggris dan beberapa negara sudah berhasil menerapkan teknologi ini.


Keunggulan pembangkit listrik tenaga ombak ini adalah perawatan dan pengoperasiannya yang tidak membutuhkan biaya tinggi, bebas polusi dan tentu tidak menggunakan bahan bakar. Sumber daya ini pun tersedia di semua kawasan laut di dunia.

Tentunya selain ada keunggulan pasti ada juga kekurangan atau hambatan yang disebabkan sumber daya ini, yaitu tidak semua kawasan laut bisa dijadikan atau dibangaun pembangkit listrik tenaga ombak. Sebab, teknologi ini hanya bisa diterapkan pada laut atau pantai yang memiliki ombak yang besar.

Pengoperasian mesin pembangkit listrik tenaga ombak ini pun menimbulkan suara yang cukup keras dan tentu saja berisik untuk lingkungan di sekitarnya. Sedangkan energi listrik yang di hasilkan sangat bergantung pada kuatnya ombak yang datang.

Hm... kapan ya di Indonesia ada pembangkit listrik tenaga ombak? Mengapa mereka harus membangun pembangkit listrik tenaga nuklir yag tidak ramah lingkungan dan bisa menimbukan bencana bagi lingkungan disekitarnya. Terkadang manusia hanya berpikir keuntungan materi, bukan mencari solusi.